Kamis, 17 November 2011




Sejarah Singkat Berdirinya

Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri

Ranting Candipuro

  • Awal mula berdirinya Kelatnas Indonesia Perisai Diri Ranting Candipuro tidak lepas dari sosok anggota Perisai Diri dari Cabang Malang yang mengemban tugasnya sebagai Guru Bidang Studi Matematika di SMP Negeri 1 Candipuro yaitu Bapak SANTOSA NGESTI TUNGGAL. Yang datang di Candipuro – Lumajang tahun 1980 dan mencari Perisai Diri Cabang Lumajang namun tidak juga menemukannya.
  • Karena terdorong keinginan mengembangkan tehnik Perisai Diri sesuai dengan cita – cita RM.Soebandiman Dirdjoatmodjo, yaitu diantaranya adalah mempersatukan bangsa-bangsa di dunia melalui olahraga beladiri dan mengembangkan budaya bangsa, maka pada tahun 1983 melatih di desanya. Pada saat itu ada beberapa latihan beladiri dari Manca Negara maupun Lokal yang belum terorganisir, pada saat itulah beliau ingin mengenalkan Tehnik beladiri Perisai Diri di lingkungan tempat tinggalnya.
  • Pencarian beliau terhadap Kelatnas Perisai Diri Cabang Lumajang akhirnya berhasil, tepatnya ditahun 1986. Sejak saat itu hubungan beliau dengan Cabang Lumajang terjalin dengan baik dan pada tahun 1989 beliau juga menerima informasi bahwa di Pasirian tepatnya di SMP Negeri 1 Pasirian telah dibuka unit Kelatnas Indonesia Perisai Diri yang dilatih oleh Bpk. FATAH YASIN (Guru SMP Negeri 1 Pasirian) dari cabang Pasuruan. Berdirinya Kelatnas Indonesia Perisai Diri Ranting Pasirian tepatnya pada tanggal 2 Pebruari 1989, yang anggota angkatan pertamanya sebanyak 82 orang.
  • Dari 82 anak didik tersebut ada beberapa yang mampu untuk membantu melatih di Pasirian juga di Candipuro, diantaranya adalah AGUS SUSANTO, AGUS WAGIYANTO, M.HARIS dari Pasirian yang masih dalam pengawasan langsung dari Bpk.SANTOSA NGESTI TUNGGAL selaku penanggung jawab teknik di Cabang Lumajan, juga masih banyak lagi anggota yang pro-aktif untuk membantu melatih dan berlatih sampai sekarang.
  • Memang dalam berlatih maupun membantu malatih membutuhkan perjuangan dan pengorbanan untuk bisa mencapai tujuan yaitu membentuk manusia berbudi pekerti luhur sesuai dengan cita-cita Bapak RM.Soebandiman Dirdjoatmodjo. Setelah sekian lama mereka berlatih dan membantu melatih, karena kendala tempat dan waktu akhirnya pada pertengahan bulan Mei tepatnya tanggal 12 Mei 2009 mulai melatih hanya di ranting Candipuro tepatnya Jl.Masjid No.12 Candipuro-Lumajang (Rumahnya Bapak Santosa Ngesti Tunggal) hingga sekarang masih banyak yang berlatih.
  • Mudah-mudahan yang Maha Kuasa meridhoi langkah-langkah generasi penerus dari Kelatnas Perisai Diri mampu dan diberi Taufiq, Hidayah, Inayah dan kekuatan untuk mewujudkan cita-cita luhur dan mulia dari pendiri Kelatnas Indonesia Perisai Diri yaitu Bapak Raden Mas Soebandiman Dirdjoatmodjo dapat tercapai. Amin,... Ya robbal alamin,...



SUSUNAN PENGURUS RANTING CANDIPURO

RANTING CANDIPURO

(WILAYAH SELATAN : TEMPEH, PASIRIAN, CANDIPURO)

PERIODE 2009-2011

Pelindung : WAKAPOLRES LUMAJANG

Penanggung Jawab Teknik : Bpk.SANTOSA NGESTI TUNGGAL

Ketua : AGUS SUSANTO

Wakil Ketua : AGUS WAGIYANTO

Sekretaris : AGUS HARIYONO

Bendahara : LINDA PURWANINGRUM

Humas : DEDI HARMOKO

Seksi Perlengkapan : SLAMET RIYADI

Seksi Kesekretariatan : SUPARDI

Banggalah Dengan Budayamu !

Jangan mencari Kehidupan di PD , Tetapi Hidupilah PD !

Lewat Kelatnas Perisai Diri Ranting Candipuro ini, berharap dapat memperkenalkan Budaya Bangsa ke Seluruh Dunia, terutama memperkanalkan Perisai Diri yang merupakan Budaya Bangsa yang harus dilestarikan dan dijaga keaslian tekhnik dan keberadaannya agar tidak hilang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar